Powered by Blogger.

Tutorial Desain Foto Cover Depan Undangan Pernikahan


Kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial cara mendesain salah satu cara pembuatan Cover depan undangan custom yang menggabungkan antara photoshop dan corel draw dan pemanfaatan Vector Collection. Pasti ada tanda Tanya disini, “Bisa Kagak Ya” ??? The answer is, BISA bos.

Jadi file PSD bila dimasukkan ke corel draw, dia akan berupa seperti gambar yang berformat PNG tapi terdiri dari tumpukan layer-layer yang dijadikan 1. Kali ini saya akan mengedit sedikit foto prewedding pada program photoshop

1. Buka file photoshop, lalu copas foto pra-wedding ke photoshop.

contoh foto pra wedding
Gambar : contoh foto pra wedding

Klik 2 kali layer disebelah kanan untuk unlock,akan keluar panel. Beri nama, lalu klik OK ini bermaksud bila saya menghapus gambar supaya belakangnya transparan. Lihat bawah :


lock unlock
Gambar : lock unlock


2. Setelah itu, saya menghapus background dengan eraser tool. Atur Brush tool supaya transparansi bisa terlihat halus, hapus area background . Tentukan besar kecil ukuran eraser untuk mendapatkan hasil maksimal.


Eraser Tool dan settingnya
Gambar : Eraser Tool dan settingnya


Apabila area tersebut kecil / sempit maka size eraser perlu diperkecil. Akan diperoleh hasil seperti dibawah :

background hilang
Gambar : background hilang

Setelah itu Save desain tersebut (File > Save > pilih *PSD). Buka corel draw, lalu copy dan paste file yang kita hapus backgroundnya dengan photoshop tadi kedalam corel tersebut.

4. Sekarang saatnya menambahkan ornamen tambahan. Saya menambahkan vector dari CD Typography Collection dan illustrasi CD Vector Love floral.
Lihat bawah :

love vector premium

Ornament Vector
Gambar : Ornament Vector

Sebagai latihan di tutorial Desain Cover Undangan ini maka saya akan memberikannya, typo download disini. sedangkan love vector floral download disini. Extract File dan masukkan (open with) ke Coreldraw.
Di Coreldraw, Saya bongkar Vector Ornament tersebut dengan perintah Un-Group agar saya bisa memilah dan mendesain ulang sesuai keinginan. Begitu juga untuk yang floral, lalu saya jadikan 1 dan warnai abu-abu.
Untuk membongkar floral perlu ketelitian dan kesabaran untuk merapikan supaya bila digabungkan dengan foto bisa kelihatan match. Lihat bawah :
Floral Love Vector
Gambar : Floral Love Vector


Untuk bagian love tengah, bagian luar sendiri saya beri warna hitam 80%, tengah warna hitam 40%, dan tengah warna putih.


Beri line putih pada floral, tetapi pisahkan dulu dengan bagian love yang ada di tengahnya. Saya gabungkan dengan foto dibagian kanan bawah.

Proses Penggabungan Vector dan Foto
Gambar : Proses Penggabungan Vector dan Foto

Jadikan bitmap floral dengan klik bitmap pada menu atas lalu convert to bitmap with transparan background dan love jangan dibitmap karna lebih bagus vector. Lalu beri efek tranparansi lagi pada floral dari kanan bawah ke kiri atas.

Pasti ada pertanyaan, bagaimana kalo langsung ditransparansi tanpa dibitmap floralnya? Jawabannya tidak bisa masbro, karna terdiri dari banyak vector yang dijadikan satu. Bisa bilamana transparansi satu persatu bagian, tp jauh lama ketimbang langsung dibitmap. Setelah itu copas floral tersebut ke kiri foto dengan membaliknya lalu besarkan sizenya, dan jadikan background dengan tombol [ctrl] + [pagedown]. Maka floral akan menjadi background.

5. Lalu kembalikan bagian love itu kedalam floral tersebut.
Love in Floral
Gambar : Love in Floral

6. Tambahkan vector typography kedalam foto,  lalu saya tambahkan font yang sesuai dengan tema wedding. Dengan jenis font Shelley Volante BT, Parchment, Algerian, dan Cloister Black. Saya beri kotak background hitam, dan hasil jadi seperti berikut ini

Cover Undangan Custom
Gambar : Cover Undangan Custom

Terima kasih, dan semoga bermanfaat. Selamat berkarya! Maaf jika ada salah :)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Corel Draw / PhotoShop dengan judul Tutorial Desain Foto Cover Depan Undangan Pernikahan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://forbidden007.blogspot.com/2013/05/tutorial-desain-foto-cover-depan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: wh0cares - Sunday, May 5, 2013

5 komentar untuk "Tutorial Desain Foto Cover Depan Undangan Pernikahan"