Powered by Blogger.

Heracleion, Kota Yang Tenggelam Selain Atlantis

Heracleion, Kota Yang Tenggelam Selain Atlantis - Selama ini kita mengira Atlantis adalah satu-satunya peradaban yang tenggelam ke dasar laut ribuan tahun silam. Ternyata ia tidak sendirian. Peradaban Mesir kuno juga memiliki satu kota yang kini berada di dasar laut, Heracleion.
Heracleon 02
Heracleion ditemukan secara tidak sengaja. Selama 15 hingga 20 hari setiap tahunnya, air laut di teluk itu terlihat transparan. Dan lebih dari 300 hari sisanya tertutup lumpur hingga sedalam 20 centimeter. Kota ini ditemukan ketika seseorang memperhatikan baik-baik “batu” di dalam lumpur, yang ternyata merupakan puncak dari satu patung kuno. Reruntuhan kota ini ditemukan di dalam kedalaman 9 meter, di Laut Mediterania, dekat Alexandria. Proses penggalian memakan waktu 13 tahun, dan hasil awal penggalian ini tak kurang dari 64 bangkai kapal dan 700 jangkar. Tentu saja, selain itu semua, mereka juga menemukan banyak koin emas dan prasasti penuh tulisan Yunani kuno dan Mesir kuno.
Para ilmuwan percaya bahwa Heracleion dulunya adalah pusat perdagangan dan salah satu kota penting penghubung dunia barat dan timur. Terutama setelah ditemukan berbagai reruntuhan dan barang-barang mewah yang menunjukkan kekayaan pemilik rumah tersebut. Tak hanya itu, ditemukan pula reruntuhan kuil Amun-Gereb tepat di pusat kota, dan beberapa patung dewa seperti Hapi dan Osiris setinggi lebih dari 5 meter memastikan Heracleion sebagai kota dengan kebudayaan tinggi.
Selain patung Hapi, sang dewa sungai Nil, yang terbuat dari campuran granit merah, ditemukan pula patung ratu terbuat dari batu hitam. Sang ratu ini  mengenakan pakaian seperti Isis, dewi kesuburan Mesir kuno, dan diperkirakan merupakan patung dari Cleopatra II atau Cleopatra III.
Heracleon 01
Para ahli masih belum yakin betul tentang alasan tenggelamnya kota ini lebih dari satu milennia lalu. Tapi semua bukti mengarah kepada lokasi kota yang dibangun di atas sedimen lautan, dan ketinggian air laut yang naik setiap tahunnya ikut andil dalam tenggelamnya kota ini. Dan seiring dengan berjalannya waktu, kota kuno ini hanya disebutkan di berbagai teks lama dan terlupakan.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ilmu Pengetahuan / Info dengan judul Heracleion, Kota Yang Tenggelam Selain Atlantis. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://forbidden007.blogspot.com/2013/06/heracleion-kota-yang-tenggelam-selain.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: wh0cares - Tuesday, June 18, 2013

Belum ada komentar untuk "Heracleion, Kota Yang Tenggelam Selain Atlantis"

Post a Comment